ENGLISH LEARNING CORNER

Never Give up Learning
 
IndeksIndeks  AbudiraAbudira  CalendarCalendar  GalleryGallery  FAQFAQ  PencarianPencarian  AnggotaAnggota  PendaftaranPendaftaran  GroupGroup  Login  

Share | 
 

 Kenapa Kemiskinan disalahkan?

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down 
PengirimMessage
Admin1
Admin


Jumlah posting : 301
Registration date : 18.08.06

PostSubyek: Kenapa Kemiskinan disalahkan?   Mon Aug 21, 2006 11:06 pm

Published by Fay-Ahmed on at 6:52 PM.

Secara kebetulan saya sedang dan insya4JJ1 akan segera menyelesaikan thesis berjudul "metafora dalam Kumpulan Cerpen Pilihan KOMPAS 2005".Kumpulan cerpen tsb terdiri atas 10 cerpen yang menurut pembimbing dan saya pribadi layak diangkat untuk menjadi judul thesis.Nah,terkait dengan judul diatas. Di dalam Kumpulan cerpen itu terdapat cerpen yang menarik yang ditulis oleh Gus tf Sakai berjudul "Belatung". Agak syereem mungkin ya judulnya. isi cerpen itu tentang seorang wanita muda sekaligus seorang ibu yang terpaksa melacurkan diri karena didera oleh kemiskinan. cerpen ini bernuansa dan setting yang sangat suram dan pedih karena si tokoh hidup di lingkungan kumuh dekat tempat pembuangan sampah. Yang menarik dari cerpen ini adalah adanya kesan pengarang yang menyalahkan kemiskinan sebagai biang kemaksiatan yang dikerjakan sang ibu muda ini. Terus ada lagi acara debat di TV7 "Padamu Negeri" beberapa hari yang lalu yangmana seorang politisi mengatakan "Kadzal fakru ayyakuuna kufron" (Arti=kemiskinan mendekatkan pada kemiskinan).
Terus terang aku ngga enak ati mengetahui dua fenomena diatas. pertama, kenapa kemiskinan disalahkan sebagai biang kemaksiatan? bukankan seseorang menjalani maksiat dikarenakan lemahnya Iman? kata para ulama dan ustadz Rasulullah SAW berjuang habis-habisan 13 tahun di Makkah, 10 tahun di Madinah bukan dalam rangka mengentaskan kemiskinan tetapi melenyapkan kekufuran dengan usaha menguatkan dan menyempurnakan iman para sahabat Nabi R.anhum ajma'iin.
Kalolah benar bahwa kemiskinan mendekatkan diri pada kemaksiatan bahkan kekufuran sudah tentu sahabat-sahabat Nabi SAW yang rata-rata orang miskin yang menjadi ahlu suffah di madinah seperti sahabat Bilal R.a, khabab R.a, Abu hurairah R.a semuanya meninggalkan agama karena kemiskinan dan kelaparan.
dalam kenyataannya tidak satupun dari beliau-beliau para sahabat yang meninggalkan agama karena kemiskinan..
Yang kedua, hadist" Kadzal fakru...' diatas yang saya dengar dari seorang ulama yang lama belajar di al-azhar mesir..haditsnya dlaif karena dua rawinya ada kelemahan dalam meriwayatkan...jadi hadits ini tidak bisa dijadikan pegangan dalam menjawab persoalan...
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user http://abudira.wordpress.com/
saya
Anggota Aktif
Anggota Aktif


Jumlah posting : 21
Age : 46
Registration date : 30.09.06

PostSubyek: Re: Kenapa Kemiskinan disalahkan?   Sat Sep 30, 2006 11:20 pm

jadi
kemiskinan perlu diperangin ga om?

saya
(yang masih miskin) Sad
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
Admin1
Admin


Jumlah posting : 301
Registration date : 18.08.06

PostSubyek: Re: Kenapa Kemiskinan disalahkan?   Sat Sep 30, 2006 11:39 pm

saya wrote:
jadi
kemiskinan perlu diperangin ga om?

saya
(yang masih miskin) Sad

miskin ato kaya adalah takdir dari Allah..
tapi takdir itu bisa dirubah asal kita mau berusaha...
kalo udah usaha mati2an dan berdoa tetep miskin ya udah
itu takdirnya..
setiap keadaan kadang kita tidak tau..
pengennya kaya padahal kadang kita tidak siap jadi orang kaya..
kaya cerita tsalabah yang ketika miskin taat
saat kaya lupa pada Allah....

_________________

http://www.pakfaizal.web.id/
Very Happy
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user http://abudira.wordpress.com/
Die_must
Anggota Baru
Anggota Baru


Jumlah posting : 9
Age : 31
Http: : geocities.com/galacticos_wst
Registration date : 28.09.06

PostSubyek: Re: Kenapa Kemiskinan disalahkan?   Sat Oct 14, 2006 8:27 pm

Terkadang aga memprihatinkan memang jika kita berbicara tentang kemiskinan. Disisi lain kita selalu diajarkan untuk berusaha menjadi orang yang tidak miskin, baik miskin harta, miskin iman serta miskin hati. Namun, terkadang kita sendiri telah lupa dengan kemampuan kita, siapkah kita menghadapi kekayaan(harta, tahta) itu dan hanya fokus dalam memperkaya diri tanpa mengimbangi dengan kemampuan mengendalikan diri. Orang yang paham betul masalah agama namun ga bisa mengendalikan diri hanya akan menimbulkan perselisihan.
mohon koreksinya ......
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
Admin1
Admin


Jumlah posting : 301
Registration date : 18.08.06

PostSubyek: Re: Kenapa Kemiskinan disalahkan?   Sun Oct 15, 2006 8:14 pm

Die_must wrote:
Terkadang aga memprihatinkan memang jika kita berbicara tentang kemiskinan. Disisi lain kita selalu diajarkan untuk berusaha menjadi orang yang tidak miskin, baik miskin harta, miskin iman serta miskin hati. Namun, terkadang kita sendiri telah lupa dengan kemampuan kita, siapkah kita menghadapi kekayaan(harta, tahta) itu dan hanya fokus dalam memperkaya diri tanpa mengimbangi dengan kemampuan mengendalikan diri. Orang yang paham betul masalah agama namun ga bisa mengendalikan diri hanya akan menimbulkan perselisihan.
mohon koreksinya ......
memang bener pendapat Die_must...
datangnya dunia perlu kesiapan hati..
jika tidak kehinaan yang akan datang dalam kehidupan kita seperti
kisah tsa'labah yang ketika miskin taat banget pada Allah
tapi begitu datang dunia hatinya tidak kuat..
mulai solatnya ke masjid terlambat..
terus lama2 ngga solat di masjid..
tambah kaya
cuma solat jum'at
kambing tambah banyak menggembala keluar madinah
udah ngga solat lagi
akhirnya ketika ada petugas zakat dia bilang ini cuma pajak
begitu kronisnya penyakit bathin dia sehingga turun ayat mengatakan dia adalah munafiq
Q.S attaubah ayat 75-77

_________________

http://www.pakfaizal.web.id/
Very Happy
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user http://abudira.wordpress.com/
Admin1
Admin


Jumlah posting : 301
Registration date : 18.08.06

PostSubyek: Re: Kenapa Kemiskinan disalahkan?   Sun Oct 15, 2006 8:32 pm

ataubah 75-77
[75] Dan di antara mereka ada orang yang telah berikrar kepada Allah: "Sesungguhnya jika Allah memberikan sebahagian karunia-Nya kepada kami, pastilah kami akan bersedekah dan pastilah kami termasuk orang-orang yang saleh.

[76] Maka setelah Allah memberikan kepada mereka sebahagian dari karunia-Nya, mereka kikir dengan karunia itu, dan berpaling, dan mereka memanglah orang-orang yang selalu membelakangi (kebenaran).

[77] Maka Allah menimbulkan kemunafikan pada hati mereka sampai kepada waktu mereka menemui Allah, karena mereka telah memungkiri terhadap Allah apa yang telah mereka ikrarkan kepada-Nya dan (juga) karena mereka selalu berdusta.

makanya adek ipar saya tahun ini wisuda dan milih penempatan di bagian pengajaran/diklat/dosen di STAN..kalo masuk bagian pajak takut katanya..
takut sama uang yang ngga jelas..Very Happy

_________________

http://www.pakfaizal.web.id/
Very Happy
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user http://abudira.wordpress.com/
Sponsored content




PostSubyek: Re: Kenapa Kemiskinan disalahkan?   Today at 7:19 am

Kembali Ke Atas Go down
 
Kenapa Kemiskinan disalahkan?
Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas 
Halaman 1 dari 1
 Similar topics
-
» kenapa kita pilih motor sport?
» (ask) helpp!! kenapa oli bisa bercampur bensin?
» kenapa kaca spionnya dilipat?
» (ask) kenapa ya ninin ane klo direm bokongnya geol2..
» kenapa mesin kalo panas suka bau??? tanki bensin kok panas ya??

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
ENGLISH LEARNING CORNER :: THE DISCUSSION :: ISLAM IS THE BEST-
Navigasi: